best job ? (pekerjaan terbaik)

what is the best job ??

kalau ditanya seperti itu, banyak sekali jawaban yang akan muncul, ada yang menyebutkan jawaban klise kaum priyai, ada yg menjawab dengan jawaban yang detail dengan ber orientasi pada penghasilan yang besar, tapi ada juga yang berbicara dengan mengedepankan passion, atau gairan hidupnya yang disini akan kita bahas.

1

ada yang bilang best job adalah pekerjaan yang berhubungan dengan kesenangan, kalau kamu memiliki penghasilan yang cukup atau berlebih dan kamu senang maka itu bisa saja dibilang best job. tapi tentu kalian harus ingat kalau kesenangan adalah sebuah subjektifitas yang dipengaruhi oleh dophamin atau salah satu zat yang ada di otak yang memicu rasa puas, dan kepuasan yang ditimbulkan cenderung meningkat, sehingga muncul lah rasa tidak pernah puas manusia yang menyebabkan pekerjaan dengan penghasilan yang besar akan membuat kalian bahagia menjadi sebuah teori yang temporary, atau sementara dimana mungkin kalian bahagia untuk jangka waktu tertentu, tapi untuk jangka waktu yg lebih panjang ? tidak ada yang tahu.

kemudian bagaimana kalau pekerjaan yang priyayi banget, atau pekerjaan yang tidak bergaji besar tapi cukup di atas UMR dan tentu saja memiliki banyak tunjangan seperti PNS, Polri/TNI, swasta dan BUMN, ada sebuah teori yang mengatakan kalau kenyamana datang dari rasa aman, dan pekerjaan priyayi tersebut di anggap dapata menciptakan rasa aman, nah, yang jadi pertanyaan adalah rasa aman muncul dari sebuah kekuatan atau power, dan itu biasanya datang dari uang, dengan gaji yang tidak cukup besar tapi tidak cukup kecil itu, kebanyakan dari pegawai yang ternyata moto bahagia datang dari rasa aman nya itu KW, memilih untuk melakukan pekerjaan haram seperti korupsi, jadi kebahagiaan yang muncul dari pekerjaan ini sebenernya berasal dari iman setiap pelakunya, kalau siap dan mau cuma bahagia dengan gaji se ada nya dan pekerjaan yang monoton, berari pekerjaan jenis ini cocok dengan kamu, dan jika kamu nekat dan kemudian korupsi, ya dosa tanggung sendiri, yang jelas korupsi itu bahagianya di dunia, di akhirat jelas kagak bahagia.

passion. apa sebenarnya pasien kamu ? kalau passion kamu ada di dua jenis pekerjaan di atas berarti stop kamu gak usah baca tulisan ini lebih lanjut, karena di jenis pekerjaan ini, kamu akan mendobrak hal yang lumrah di lingkungan kamu, kamu tidak akan bertemu dengan kenyamanan objektif, karena kenyamanan yang kamu dapatkan akan menjadi subjektif, kamu yang menentukan apakah it nyaman, atau tidak, dan kamu yang menentukan segala hal disana, semacam enterprenaur dengan kamu sebagai aktor utama nya, karena pernah ada yang bilang, karna kamus sebenarnya memilih, kamu akan menghabiskan hidupmu mengejar mimpimu, atau kamu akan menghabiskan hidupmu di bayar untuk membantu orang lain mengejar mimpinya.

pertanyaan mendasar adalah, apakah passion kamu? ketika kamu bisa menjawabnya dengan jelas dan mendetail, berarti kamu sudah berada di dalam langkah awal dari mimpi kamu, apakah semua harus terinci? sebenarnya tidak harus tapi akan sangat lebih baik jika iya, dan yang harus jelas adalah goal nya, perjalanan akan menjadi mudah kalau kamu punya goal yang jelas bukan? bukan mengambang karna masih abu abu nya goal yang kamu miliki, ketika kamu sudah memiliki goal, mulailah untuk merangkul semua sumberdaya di sekelilingmu, pekerjaan yang bertumpu pada passion adalah pekerjaan yang absurd dan tidak memiliki patoka jelas untuk mencapainya seperti ketika kita ingin jadi tentara atau polisi, tapi disinilah perjuangan yang sebenarnya, dimana kamu di tuntut untuk kreatif, dan orang orang kreatif inilah yang pada tahun tahun yang lalu di anggap kamu yang akan memimpin dunia, kaum yang cenderung memiliki otak kanan.

tapi benarkan hanya dengan otak kanan bisa mengasai dunia? tentu tidak, kita akan bahas itu di artikel berikutanya.

jadi, best job adalah pekerjaan yang membuatmu bahagia, dan cocok dengan kamu, karna adaptasi yang mudah jelas membuat kamu bahagia bukan, dan goal dari sebuah pekerjaan membuat kamu tahu kalau hidup itu sebuah pilihan sejak kita lahir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s