sianida dan kebahagiaan

genie-lamp

ini bukan tulisan tentang salah satu kartun sinis tentang kehidupan yang kebetulan memang saya suka, walau hal itu yang mendasari dari tulisan hari ini, tentang kebahagiaan, dan sejumput sianida yang kamu makan bersamannya, kamu tidak akan selalu menemukan kebahagiaan di dalam hidupmu, karna memang ada tentang kebahagiaan dan kesedihan, teori keseimbangan, ya keduanya memang tidak bisa terpisahkan, jadi kalau kamu ingin hidup bahagia maka kamu sedang berusaha menjadi, paradox.

lalu apa kebahagiaan itu? bagi mahasiswa tingkat akhir kebahagiaan adalah lulus, tapi kebahagiaan macam itu juga membawa sianida tersendiri, yaitu habis lulus mau apa? lalu solusinya adalah mencari kerja, dan mendapat penghasilan, promosi, lalu mendapat wanita idaman, dan menikah, bahagia ever after, itu pun kalau bisa, kenyataanya tidak semulus itu, akan ada dan selalu ada sianida yang pahit dan mematikan di dalam prosesnya, nah  yang menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana kita membuat paradox dari masalah itu.

sebelum kita menjadi paradox, mari kita bahas apa itu kebahagiaan itu? kebahagiaan sebenarnya adalah perasaan yang di hasilkan otak dan beberapa hormon nya yang seringkali membuat kita serakah dan selalu ingin lagi lagi lagi lagi lagi, ya namanya dophamin. sehingga cara menjadi bahagia adalah dengan tidak membiarkan otak berharap terlalu tinggi, karna setelah harapan itu tercapai, otak tidak mau menurunkan standart, dan membuatmu terus mengejar kebahagiaan yang menjadi semakin tinggi hari demi hari, dan itu buruk, sangat ironi.

lalu apakah kita akan menjadi seorang yang tidak memiliki ambisi? lalu menjadi orang yang membosankan? tentu saja tidak, atau mungkin saja iya kalau kamu memang mau mengakali kebahagiaan dari dalam diri. karna kita masih muda mari kita berfikir lebih ambisius dan menyenangkan dengan menarget sesuatu yang besar, dan menyenangkan, serta membahagiakan, kemudian pertanyaannya adalah bagaimana? bagaimana menggapai kebahagiaan yang “tinggi”. sama seperti kalau mau mendaki gunung yang tinggi prosesnya menjadi lebih panjang dan sulit, lalu apa ada jalan pintas? dalam game cheat atau jalan pintas selalu ada, tapi hanya bagi mereka yang tahu.

lalu bagaimana? seperti yang di bahas di atas, mendapat kebahagiaan dengan jalan pintas itu hanay untuk mereka yang tahu, ya, akhir tulisan yang menggantung, maaf. tapi definisi tahu akan jalan pintas menuju kebahagiaan adalah suatu hal yang subjektif dan, absurd, jadi akhir tulisan ini adalah cari lah cara mu sendiri, sejak ini zaman open informasi, jadi mencapai kebahagiaan terdengar lebih mudah kalau kamu mau berfikir cerdas.

life is paradox

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s