nulis (jurnal harian)

saya mulai aktif menulis sejak mengenal blog di awal sma, dimana memang tugas mata pelajaran komputer harus punya blog, dan guru saya waktu itu menganjurkan menggunakan multiply, walau saya lebih prefer menggunakan blogspot di awal, dan menulis beberapa jurnal perjalanan disitu, mendapat feedback dari teman-teman seperjalanan seperti randika vinsa, teman baru yang aku temui dipendakian solo ku waktu ulang tahun ke 17 yang membuatku terus menulis.

1_942354447l

gambar 1.1 pendakian merbabu dengan indra dan vinsa

walau makin lama blogspot tidak memberikan pembaca yang banyak, sehingga aku pindahan ke multiply, dengan konsep awal pembuatan komik, dan mulailah komikstrips.multiply.com dengan avatar anonim dimulai, di awal komik merupakan kontek dari blog multiply saya, walau kelamaan isi tulisan berubah ke arah jurnal harian, dan beberapa tulisan fiksi dengan hastag aldehid dibuat untuk mengkompensasi fikiran liar saya waktu itu, serta jurnal harian untuk menggambarkan keseharian saya waktu itu.

1_164890646l

gambar 1.2 : bertemu dengan orang baru

jurnal perjalanan merupakan series dari setiap perjalanan yang saya lakukan waktu itu, dimana tulisa itu mengundang banyak respon dari teman-teman waktu itu, terutama teman teman baru di multiply, walau sejak saya memulai menulis secara online di sma, dimana waktu itu memang seorang remaja memiliki banyak cerita galau yang membuat saya menjadi hyperbalad yang membuatku berkenalan dengan sitia gamawati erta lestari, entah kenapa aku mengenalnya pertama di postingan postingan hyperbalad ku

softlens ice no9 tosca 1 edited

Gambar 1.3 sitia gamawati erta lestari

masa aktif saya menulis di blog multiply hanya bertahan selama sma, dan sampai s  emester 2 kuliah, kemudian saya fakum menulis, kehidupan menulis saya berubah ke penulisan laporan praktikum, sampai multiply akhirnya gulung tikar, dan membuat saya harus hijrah dan tak sempat membereskan barang-barang, saya akhirnya memutuskan membuat wordpress, hanya saja saya mulai aktif menulis lagi di tahun 2014, ketika saya merasa apa yang saya lakukan perlu di tulis untuk membantu saya mengenang banyak hal.

jadi, kalau di hitung, saya telah menyicil untuk menjadi profesional dalam bidang penulisan.

Leave a Reply

