Beautiful Ones (sort)

wanita itu berlarian di bawah hujan, menikmati setiap molekul air yang membasahi bumi, di antara anak anak kecil yang ikut berlarian dan menari bersamanya, sejak dia ikut mengurus panti asuhan ini, dia menjadi magnet tersendiri untuk anak-anak disini, kulitnya yang hitam menunjukkan dan rambutnya yang kemerahan membuatnya mudah bergaul dengan anak anak kecil, terutama anak laki laki nya yang nakal nakal.

DSC03276

beberapa bulan lalu dia datang kesini diantar ibu marni, seorang donatur panti asuhan ini, orang yayasan bilang, dia ponakan ibu marti, dan setahuku sejak dia datang kesini, pekerjaan kita menjadi lebih mudah, terutama mengurus anak laki laki yang mulai nakal, dia seperti seorang kakak bagi mereka, dan bagi anak anak perempuan, dia seperti teman, walau mereka sama memanggilnya kakak, dia begitu cekatan, bahkan aku yang sudah dari kecil tinggal disini dan ikut mengurus panti ini sehari hari masih kalah cekatan dengan dia, dia dlam beberapa  bulan saja sudah membuat seisi panti asuhan merindukannya ketika dia mengambil liburan ke gunung, ya dia memang sangat suka mendaki gunung, dia menghabiskan satu atau tiga hari ke gunung, dan pulang sambil membawa cerita dan cindramata berupa gantungan kunci atau sticker yang langsung anak anak pasang di lemari nya, atau meja belajarnya, anak anak disini memang jarang bisa jalan jalan bersama, apalagi naik gunung, walau anak-anak terutama yang masuh kecil suka merengek untuk ikut, tapi dia selalu memiliki cara untuk menyakinkan mereka untuk tidak ikut.

sejak dia datang, aku jarang berbicara dengannya, waktunya selalu penuh untuk anak anak kecil, dan kalau anak anak sedang makan atau sedang sekolah, pasti ibu ibu pengurus panti asuhan yang sibuk mengajak dia untuk belanja, mengajarinya memasak, atau dia menghabiskan diri untuk membaca buku, aku hanya bisa melihatnya sambil mengurus mengurus pembukuan panti.

hari ini, sudah hampir 5 bulan hujan belum turun, sehabis menyelesaikan gelar sarjana di bidang administrasi, aku memutuskan untuk membantu panti, sehingga aku banyak meghabiskan waktu di perpustakaan, pagi ini dia datang, sepertinya ibu ibu pengurus lainya sedang tidak ingin menyibukkannya, sehabis anak anak berangkat sekolah, lengan nya yang coklat terlihat ketika dia mengambil buku di salah satu rak perpustakaan, dan dia duduk 2 meja dari tempatku mengurus daftar pembelian buku baru, perlahan aku mencuri pandang, kuberanikan diri untuk menyapanya.

“hei, lagi baca buku apa?”, aku bertanya kepada nya.

dia melihatku, sambil tersenyum, “buku tentang foto jurnalistik, kamu?”, dia bertanya, yang tak sempat aku antisipasi.

“aaaaaa…. gak baca, cuma ngurus buat pembelian buku”, sial, aku terlihat kikuk.

“oh ya? jadi kamu yang ngurus buku disini?”, dia bertanya.

“iya, buku yang labelnya mulai 2010, aku yang ngurus pengadaan, sebelumnya, pengurus panti yang lebih tua yang mengurusnya”.

dia melihat labeh di sampul buku yang dia baca, “berarti buku ini juga?”, dia memperlihatkan bukunya.

“iyup, buku itu juga”, aku mejawab singkat.

“keren ya”, dia meneruskan membaca buku, dan aku mengira pembicaraan hari ini tidak akan berlanjut.

aku hanya melihatnya yang tekun membaca bukunya, dan membuatku kembali ke katalok katalok buku yang mungkin bisa dibeli.

“hei, aku bisa request gak?”, tiba tiba dia memecah konsentrasiku, bukan sesuatu yang tidak aku sukai, malah aku berharap dia mengajakku berbicara.

“yap, request apa?”. dengan cepat aku menyaut.

“bisa gak buku yang ntar mau dibeli banyak buku cerita pendakian gunung? aku mulai kehabisan cerita nih kalau anak anak minta ceritaku pas naik gunung”.

“okey, buku tentang pendakian gunung ya, yang fiksi atau nonfiksi?” tanyaku.

“terserah, semua deh kalau bisa”, jawabnya singkat sambil tersenyum.

“okey, tak usahakan”, aku tersenyum, dan dia membalas senyumku dengan senyuman yang, Tuhan, thats beautiful one..

4 thoughts on “Beautiful Ones (sort)

Leave a Reply

