all kee hool

kalau boleh bilang, apa sih bahayanya minuman ber alkohol? karna jujur saking takutnya aku hanya minum minuman yang mengandung ethanol.

“jadi kalau alkohol itu rumus kimianya adalah CH3CH2OH., berarti dengan -OH, itu bukanya termasuk basa, jadi kalau minum alkohol bakal membantu asam-basa tubuh, dan membuat tubuh jadi sehat kan?”, aku menjelaskan

“hahah, bisa jadi, tapi kita tahu sendiri sesuatu yang basa bersifat kaustik, jadi kalau konsumsi banyak bakal bikin penyakit radang di pencernaan, tapi mungkin kalau alkohol klas A dengan kadar 1-5% mungkin gak bakal bikin radang deh, paling kembung, hahaha”, Dayat menambahkan, tapi dengan teori yang ngawur dan lebih menarik.

“bener yat, 5% sendiri bisa dicontohkan kalau kita campur alkohol dengan air dengan presentasi 5%, dan kita siram ke luka, apakah akan terjadi iritasi?”

“gak tau nyu, yang jelas jangan dicontohkan ke aku, tak sikat kau kalau aneh-aneh”.

“tapi begini, kadang aku mikir, banyak yang mati gara gara alkohol yang di oplos, dan mereka menyalahkan alkohol, bukan bahan yang dicampur, padahal ada yang nyampur dengan obat nyamuk, dan banyak barang barang yang lebih tidak layak konsumsi”, aku berkomentar.

“nah, gini nyu, aku kemarin malah denger pelaku oplosan yang paling jaman SMA nya dia gak belajar kimia, atau memang pas dulu pelajaran kimia gak sampek ke ilmu tentang barang barang hidroksil, jadinya mereka menambahkan methanol atau alkohol kayu pada minuman mereka, padahal pada pembuatan minuman beralkohol yang destilasi an atau alkohol klas C, mereka membuang 1 picher hasil destilasian pertama, karna mengandung methanol yang menguap lebih dulu,  dan methanol itu beracun”. Dayat menjelaskan.

“setahuku, sesuatu yang beracun itu diberi kode warna biru, jadi methanol berwarna biru?”

“kagak nyu, methanol itu bening juga, nah, kalo yang berwarna itu biasanya spiritus, dan spiritus itu juga methano yang diberi warna, makanya aku bingung harga methanol sama harga spiritus mahalan spiritus, padahal sama aja”.

“berarti bisa jadi bisnis baru itu yat, kita jualan spiritus, hahaha”.

“hahahaha, ya bisa, tapi buat apa, toh juga yang butuh spiritus sekarang sedikit, sejal petromak jarang dipakai”

“eit, bukan cuma petromak yang pakai spiritus, kalau anak anak naik gunung kan trangia nya juga pakai spirtus? dan ngomongin soal naik gunung, anak anak pada minum alkohol di gunung, dan setahuku alkohol itu dibuat dari glukosa yang di ubah sama jamur khamir jadi alkohol itu bisa dibilang sumber energy?”.

“ya seperti itu juga bisa nyu, apalagi kalau beer, dia dibuat dari kecambah gandum, jadi tinggi vit E nya, dan sejak itu ada gula nya, makanya istilah kalau perut buncit karna banyak minum alkohol itu beerbelly, padahal semua alkohol sama aja bikin gendut”, dayat menjelaskan.

“tapi yat, mungkin karna beer itu rata-rata memiliki nilai alkohol rendah, makanya gak bikin mabuk cepet, jadi orang bisa minum banyak beer baru tepar, dan jujur, kadang 2 liter beer orang baru bisa mabuk, itupun kalau dia memiliki toleransi alkohol dalam darah yang rendah, jadi karna minumnya banyak, dan terkenal, dan murah, jadi perut buncit karna alkohol diberi nama beerbelly”.

“good point nyu, jadi hari ini bikin pinacolada atau white russian ?”

“naahhh, beer aja udah”.

dayat pun mengambilkan beer dari kulkas, dan kita masih meneruskan pembicaraan ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s