cara membuat minuman ber ethanol

images

untuk membuat minuman ber ethanol, yang kamu perlukan adalah starter, dan makanan starter, serta media fermentasi yang kedap udara, hasil akhir dipengaruhi oleh makanan starter, dan keadaan media penyimpanan.

bahan baku dan cara pembuatan;

1. starter (fermipan/starter khamir yang khusus), di hidupkan dengan cara di campur dengan air hangat yang diberi gula (suhu kurang lebih 35’C), setelah muncul busa, berarti starter sudah siap pakai.

2. makanan starter (produk yang mengandung glukosa yang secara garis besar dibedakan dari produk berbasis biji-biji an, dan buah-buah an,  bahan bahan ini yang membedakan akhir akhirnya) di haluskan/blender untuk mempermudah starter mengkonsumsi makanannya dan menghasilkan alkohol.

3. media fermentasi harus merupakan wadah yang bersih dan steril, kamudian kedap udara tetapi memiliki jalur outlet untuk pembuangan gas Co2 yang dihasilkan selama proses fermentasi (gunakan wadah yang memiliki selang dibagian atas yang ujung selang dimasuk kan ke air, sehingga udara tidak bisa masuk, tetapi Co2 bisa keluar hingga menciptakan keadaan kedap udara.

4. keadaan saat awal fermentasi usahakan campuran memiliki suhu hangat sekitar 35’C, proses fermentasi dipengaruhi oleh jenis starter, ada yang di suhu 35’C ada yang di suhu 25’C. ketika media fermentasi mengeluarkan gas Co2, berarti proses fermentasi berjalan.

5. proses fermentasi berjalan sekitar 3-7 hari, semakin lama kandungan bahan alkohol semakin meningkat.

6. proses berikutnya untuk menghasilkan minuman ber ethanol yang memiliki presentasi ethanol tinggi dapat menghubungi danang.banyu@gmail.com atau cari saja dengan keyword “distillation alcohol”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s