kecambah = doomsday prepper ?

ceritanya beberapa hari ini sedang dapat mung-bean alias kacang ijo, walau cuma 500gram alias setengah kilo alias lagi kagak banyak, jadi bingung mau di apakan, kalau di bikin kolak kacang ijo, lagi males buat kepasar beli gula merah dan pasti anak-anak pada komplain kalau aku nambahi bawang merah ke kacang ijo (aku suka kalau ditambahi bawang merah, karna ibu ku dulu kalau bikin selalu ditambahi bawang merah mentah sedikit, untuk menambah rasa, dan memang menambah rasa enak, tapi anak-anak pada bilang itu aneh), dan dengan kacang merah segitu paling sebentar aja habis, bukan menjadi pelit sih, tetapi rasanya masih banyak cara buat sikacang ijo biar bisa jadi lebih sehat, berhubung aku lagi diet, bukan diet yang pingin kurus sih, tapi diet dengan makan makanan yang sehat, dan usahakan mentah, jadi harus ada opsi lain supaya si kacang ijo bisa  .

2

acara di discovery yaitu doomsday prepper jadi penyumbang utama ide ini, jadi acara tv itu semacam acara buat orang-orang yang paranoid buat segala kemungkinan kekacauan yang mungkin terjadi, salah satunya adalah kemungkinan perang nuclear, yang berakibat ke tanah yang kena radiasi dan gak sehat untuk ditanami, makanya si prepper bikin kecambah dari segala macam biji-biji an, termasuk kacang ijo, nah kacang ijo, dan si prepper nya bilang kacang ijo nya itu sehat, dan setelah searching di internet dan mendapat banyak pendukungnya, yang membuat aku memutuskan untuk bikin kecambah. yeahh

hari berikutnya, setelah saya searching bagaimana cara bikin kecambah yang paling efektif, akhirnya saya memulai dengan 1/3 cup kacang ijo saya masukkan toples dan saya rendam 12 jam, walau katanya kalau kacang ijo cuma butuh 8 jam, tapi ya mau gimana lagi, aku ngerendemnya malam, jadinya besok pagi baru bisa ke proses selanjutnya. process selanjutnya adalah, mengeluarkan kacang ijo dari rendaman, dan saya taruh lagi di toples, kemudia tutup toples saya ganti dengan kain saring kemudian saya kareti biar gak lepas, kemudian rajin saya semprot pake semprotan. pagi, siang, malam, dan hari kedua sudah jadi kecambah, wow.. dan satu hal yang keren dari kecambah adalah dari 1/3 cup bisa mengisi hampir 2/4 dari toples yang tingginya 20cm dan lebar nya 8cm, dalam sehari setelah perendaman jadi bikin cambah sendiri itu ide bagus, karna anak anak jadi makan cambah terus. bukan sebagai makanan utama, tapi lalapannya.

cats

sedikit kesalahan adalah, waktu pertama bikin, saya memasukan terlalu banyak kacang ijo yang membuat kecambah dalam toples menjadi seperti tidak habis habis, sampai sekarang sudah jadi tauge, dan karna saya simpan ditempat yang ada mataharinya, tauge nya berubah warna dan menjadi pahit kalau di lalap, tapi masih enak kalau dicampur tumis, dan untuk para doomsday prepper yang menginspirasi bikin kecambah, terimakasih 😀

Leave a Reply

