PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI

 

TUGAS

PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI

 

  jhj

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

2012

 

 

PERANCANGAN KERJA DAN ERGONOMI

 

1.1 Pendahuluan

Perkembangan teknologi saat ini begitu pesatnya, sehingga peralatan sudah menjadi kebutuhan pokok pada berbagai lapangan pekerjaan. Artinya peralatan dan teknologi merupakan penunjang yang penting dalam upaya meningkatkan produktivitas untuk berbagai jenis pekerjaan. Disamping itu disisi lain akan terjadi dampak negatif ya, bila kita kurang waspada menghadapi bahaya potensi yang mungkin timbul, dimana satuan terkecil dalam setiap kegiatan kerja dan manufaktur merupakan adalah stasiun kerja / tempat kerja seperti mesin,penunjang kerja seperti meja, rak kursi,penerangan, dan inilah yang menjadi tempat interaksi manusia dengan mesin, beserta perlengkapan kerja lainnya.

Manusia bekerja dengan membawa sifat dasar fisik yang mereka memiliki seperti kejiwaan dan proses berfikir, sedangkan mesin berserta benda benda mati mati lainya telah di bentuk dan dirancang untuk membantu manusia dalam melaksanakan pekerjaannya, dengan kesadaran inilah berkembang uatu ilmu yang melakukan analisa perancangan kerja dan ergonomic, yang memaksimalkan kinerja di setiap stasiun kerja dan mendapatkan hasil atau output yang maksimal.

1.2 Factor masukan dalam stasiun kerja

Dalam stasiun kerja terdapat beberapa sumber daya yang menjadi factor masukkan dalam perancangan kerja dan ergonomic, salah satunya adalah

  1. Waktu
  2. Energy operator
  3. Energy untuk mesin
  4. Kekuatan mental operator
  5. Kehandalan mesin
  6. Pencahayaan
  7. Daya pikir operator
  8. Tata letak mesin dan peralatan lainnya

Analisa kerja dan ergonomic memfokuskan perhatian kepada factor manusia dengan mempertimbangkan factor lainnya

Pada tahap awal analisa, tiga beban kerja yang dialami operator ketika bekerja diukur dengan:

  1. Beban waktu (berapa lama dia menyelesaikan satu unit output)
  2. Beberapa fisiologi (berapa kalori energy yang dihabiskan persatuan output)
  3. Beban psikologi (berapa besar beban mental yang di terima ketika menerima suatu pekerjaan)

1.3 Waktu baku

Beban waktu dapat mewakili beban bena lainnya dengan asumsi bahwa lamban atau cekatannya operator  bekerja dipengaruhi oleh kekuatan fisik, mental, dan factor lingkungan peralatan yang digunakan

Apabila tata letak mesin dan perlengkapan lain pada sebuah stasiun kerja udah baik, demikian juga dengan pencahayaan yang baik, dan tipe operator yang baik serta memiliki  keterampilan rata rata,maka waktu yang diperlukan oleh operator untuk menyelesaikan satu unit output merupakan waktu baku.

Jadi waktu baku merupakan beban waktu yang terjadi dari sebuah sistem kerja yang baku, artinya yang sudah dirancang sebaik mungkin

1.4 Analisa gerak kerja

Analisa gerakan kerja diartikan dengan kemampuan sebuah fisik dri operator untuk men toleransi lingkungan peralatan kerja yang berada di sekitar mereka di tiap stasiun  kerjanya,sebagai contoh adalah seorang pekerja tambang yang bertubuh pendek dengan skop yang besar, dimana skop tersebut menjadi sangat tidak nyaman untuk digunakan dalam memindahkan tanah, berbeda dengan jika dia menggunakan skop yang sesuai dengan bentuk tubuhnya atau yang kecil,maka akan lebih mudah dan efektif.

Selain itu sekarang perhatikan lingkungan kerja anda sendiri, apakah sesuai dengan fisiologi anda,seperti apakah meja anda terlalu rendah, atau terlalu tinggi, dan bagaimana dengan kursi, apakah memiliki penampang bahu, atau terlalu pendek, apakah nyaman, dan apakah dapan menunjang kerja anda, selain itu juga letak rak anda, adakah sudah sesuai untuk mempercepat kinerja dan keamanan kerja anda ?

Dari dua contoh di atas kita dapa mengambil sebuah kesimpulan jika penataan letak dan kebutuhan dalam gerak gerak bekerja sangat berbeda beda, dan waktu serta kelelahan setiap orang dengan lingkungan yg sangat berbeda.disini jela sterlihat perlu adanya rancangan yang menyesuaikan dengan operator,seperti bagaimana tangan menjangkau, beban bawaan punggung bungkuk, kaki melangkah,pandangan mata, gerak kepala, dans sebagainya.

1.5 Peranan waktu baku

Waktu baku berguna untuk menciptakan ukuran waktu yang telah di selaraskan dengan perancangan alat, tata letak,pencahayaan, serta penciptaan gerak gerak yang ekonomis untuk meningkatkan motivasi kerja operator dalam bekerjanya. Maka waktu baku dapat di peroleh hal hal seperti berikut:

1.bisa di hitung dari banyaknya mesin yang ddigunakandalam setiap operasi produksi tertentu

  1. bias dihitung jjumlahoperator
  2. bias ddirancang materi dan metode metode pelatihan bagi operator
  3. bias  tenkan jadwal produksi
  4. bias di susun system bonus perangsang
  5. bisa di jadikan acuan prestasi kerja operator
  6. bisa ditaksir ongkos produksi

Tampak bahwa bahwa waktu baku banyak sekali manfaatnya dengan penelitian yang terus menerus , maka efisiensi stasiun keja sudah efisien makan akan mudah mencapai efisiensi antar stasiun kerja. Selanjutnya efisiensi pabrik keseluruhan bisa diperoleh.

1.6 Peta peta kerja

Peta peta kerja adalah analisi yang lazim digunakan pada analisis perancangan kerja dan ergonomic. Peta peta ini meliputi

  1. Peta tangan kanan – peta tangn kiri
  2. Peta proses operasi
  3. Peta analisi proses

1 .6.1 peta tangan kanan tangan kiri

Peta ini digunakan menganalisi pekerjaan yang dilaksanakan seorang operator pada sebuah stasiun kerja.peta ini menggambarkan bagaimana tangan kanan dan kiri operator bekerja

1.6.2 peta analisi proses

Peta ini memberikan informasi tentang prose apa yang dilaksanakan untuk komponen apa, kemudian mesin apa yang di pakai dan berapa lama waktu setiap proses.

1.6.3 peta aliran proses

Peta ini menggambarkan setiap aktifitas yang terlibat dalam sebuah prose  serupa dengan peta proses operasi,kecuali rinciannya yang lebih banyak karena mencangkup juga gerakan gerakan dalam prose situ. Kemudian pertanyaan pertanyaan berikut di ajukan untuk menemukan kemungkinan kemungkinan berikutnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s