filsafat ilmu

ILMU dan FILSAFAT

Jenis MANUSIA berdasarkan PENGETAHUANNYA:

  1. Ada orang yang TAHU DITAHUNYA.
  2. Ada orang yang TAHU DITIDAKTAHUNYA.
  3. Ada orang yang TIDAK TAHU DITAHUNYA.
  4. Ada orang yang TIDAK TAHU DITIDAKTAHUNYA.

 

Cara mendapatkan pengetahuan yang benar:


“Ketahuilah apa yang kau
tahu dan ketahuilah apa yang kau tidak tahu”.

  • PENGETAHUAN dimulai dengan RASA INGIN TAHU, kepastian dimulai dengan RASA RAGU – RAGU dan FILSAFAT dimulai dengan KEDUA – DUANYA.

 

  • BERFILSAFAT didorong untuk mengetahui apa yang telah kita ketahui dan apa yang kita belum tahu.

 

  • BERFILSAFAT berarti :
    1. Berendah hati bahwa tidak semuanya akan pernah kita ketahui dalam kesemestaan yang seakan tak berbatas ini.
    2. Mengoreksi diri, semacam keberanian untuk berterus terang, seberapa jauh sebenarnya kebenaran yang dicari telah kita jangkau.

 

  • BERFILSAFAT TENTANG ILMU berarti berterus terang kepada diri sendiri:

 

  1. Apakah sebenarnya yg kita ketahui tentang ilmu?

 

  1. Apakah ciri-cirinya yg hakiki yg membedakan ilmu dari pengetahuan-pengetahuan lain yg bukan ilmu.

 

  1. Bagaimana saya ketahui bahwa ilmu merupakan pengetahuan yg benar?

 

  1. Kriteria pa yang kita pakai dalam menentukan kebenaran secara keilmuan?

 

  1. Mengapa kita mesti mempelajari ilmu?

 

  1. Apakan kegunaannya yg sebenarnya?

 

APAKAH FILSAFAT ?????

  

Seorang yang berfilsafat dapat diumpamakan seperti seorang yang berpijak di  bumi dan menengadah di bintang-bintang. Dia ingin mengetahui hakekat dirinya dalam kesemestaan galaxi.

 

 

  1.   Menyeluruh
  • Karakteristik FILSAFAT            Mendasar
  1. Spekulatif

 

  • Tugas utama FILSAFAT adalah menetapkan DASAR-DASAR yang dapat diandalkan seperti:
    1. Apakah yang disebut logis?
    2. Apakah yang disebut benar?
    3. Apakah yang disebut sahih?
    4. Apakah hidup ini ada tujuannya atau absurd?
    5. Adakah hukum yang mengatur alam dan segenap kehidupan?

 

 

Bidang Telaah FILSAFAT

Ada 3 tahap dalam menelaah FILSAFAT:

  1. What is a man?

      Filsafat mempersoalkan siapakah manusia itu?

  1. What is?

      Mempertanyakan yang berkisar tentang ada, tentang hidup dan eksistensi manusia.

  1. What?

      Mempertanyakan sesuatu pernyataan dengan sejelas mungkin

 

Cabang-cabang FILSAFAT:

  1. Epistemologi (Filsafat pengetahuan) = benar / salah
  2. Etika (Filsafat moral) = baik / buruk
  3. Estetika (Filsafat seni) = indah / jelek
  4. Metafisika (Hakekat keberadaan zat) = hakekat keberadaan zat
  5. Politik (Filsafat pemerintahan) = pemerintahan ideal
  6. Filsafat Ilmu = mengkaji hakekat ilmu
  7. Filsafat Agama
  8. Filsafat Pendidikan
  9. Filsafat Hukum
  10. Filsafat Sejarah
  11. Filsafat Matematika
  • ILMU & PENGETAHUAN berbeda secara kefilsafatan, namun tidak ada perbedaan yang asasi antara ilmu alam & ilmu sosial, sebab keduanya punya ciri keilmuan yang sama.

 

 

  • Landasan FILSAFAT ILMU ada 3 yaitu:
  1. Landasan ONTOLOGIS
  2. Landasan EPISTEMOLOGIS
  3. Landasan AXIOLOGIS

 

 

  • ILMU SEBAGAI DISIPLIN, yakni pengetahuan yang mengembangkan dan melaksanakan aturan mainnya dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan.

 

 

ILMU

  • Terminologi        ILMU PENGETAHUAN

                                         SAINS

 

 

 

DASAR-DASAR PENGETAHUAN

 

Pengetahuan dapat berkembang karena:

  1. Manusia punya BAHASA yang mampu mengkomunikasikan informasi & jalan fikirannya.
  2. Manusia mampu BERFIKIR menurut suatu alur kerangka tertentu atau PENALARAN.

 

 

 

CIRI BERFIKIR PENALARAN

 

                  LOGIKA                 ANALITIK

 

Logika Induktif           Logika Deduktif

 

                                        Silogisme

 

                     Premis mayor            Premis minor


TEORI KEBENARAN:

 

  1. KOHEREN, yaitu suatu pernyataan dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koheren atau konsisten dengan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar.

 

  1. KORESPONDEN, yaitu jika materi pengetahuan yang dikandungnya itu berkoresponden atau berhubungan  dengan obyek yg dituju oleh pernyataan tersebut.

 

  1. PRAGMATIS, yaitu pernyataan yg diukur dengan kriteria fungsional dalam kehidupan praktis.

EPISTEMOLOGI ILMU

 

Pada suatu hari di dalam ruang seorang Profesor masuk 2 mahasiswa :

 

Mhs. A : “Saya menemukan obat kanker dari tape.”

Mhs. B : “Saya juga menemukan hal yg sama.”

Prof.    : “Ceritakan mengapa tape bisa menyembuhkan kanker!”

Mhs. A : “Saya mencoba bagaimana pengaruh jika orang sakit kanker makan tape hasilnya dapat sembuh.”

Mhs. B : “Saya melakukan percobaan, hanya mempelajari kanker dan tape, dan ternyata tape adalah obat yang ampuh untuk sakit kanker.”

Prof.    : “Kalian berdua mewakili sebagian dari cara berpikir keilmuan ditinjau dari epistomologi ilmu, kalian baru setengah ilmuwan. Untuk menjadi seorang ilmuan yang penuh kalian berdua harus BEKERJASAMA. Jangan kalian kira karena tikus sering makan tape dan tidak pernah sakit kanker lalu begitu saja kalian simpulkan bahwa TAPE MENYEMBUHKAN ATAU MENCEGAH KANKER.”

 

Secara epistemologi, suatu pengetahuan secara sah dapat dianggap ilmiah harus melalui 2 tahap, yaitu:

 

  1. Adanya HIPOTESIS dan

 

  1. Adanya BUKTI

 


METODE ILMIAH

 

Merupakan landasan epistemologi  ilmu.

 

Yang mencirikan ilmu dari pengetahuan lainnya, yaitu:

  1. Secara ONTOLOGIS, ilmu membatasi bidang telaahannya pada daerah pengalaman manusia (daerah empiris).

 

  1. Secara EPISTEMOLOGIS, ilmu mendapatkan pengetahuannya lewat metode ilmiah.

 

METODE ILMIAH merupakan cara dalam mendapatkan pengetahuan secara ilmiah atau pengetahuan yg diperoleh dengan mempergunakan metode ilmiah dapat digolongkan kepada pengetahuan yg bersifat ilmiah (pengetahuan ilmiah atau ilmu).

 

  • Metode ilmiah merupakan sintesis antara berfikir RASIONAL dan bertumpu pada DATA EMPIRIS.


LANGKAH-LANGKAH dalam METODE ILMIAH :

  1. Penemuan atau penentuan masalah.
  2. Perumusan kerangka masalah.
  3. Pengajuan hipotesis.
  4. Deduksi dari hipotesis.
  5. Pembuktian hipotesis.
  6. Penerimaan hipotesis menjadi teori ilmiah.

 

KEGUNAAN TEORI ILMIAH

Kumpulan pengetahuan yang berupa

Asas, Kaidah, Hukum, dsb

 

Teori ilmiah yang konsisten dan sistematis

 

PENELITIAN ILMIAH

 

 

Penelitian murni adalah kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah terjamah.

 

Teori ilmiah             Teori ilmiah          Teori ilmiah

 

 Peneliti

 

Hipotesis

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari, ILMU berfungsi sebagai sumber pengetahuan bagi pemecahan masalah yang kita hadapi.

 

contoh:

masalah penyakit                   ilmu kedokteran

masalah tanaman                   ilmu pertanian


Manusia sebagai Homo Faber, yaitu makhluk hidup yang membuat peralatan yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam mencapai tujuannya.

 

I L M U
TEKNOLOGI

 

 

 

 

Penelitian Terapan adalah penelitian yang bertujuan untuk memanfaatkan ilmu sebagai kepentingan praktis manusia.

 

Fungsi ILMU :

  1. Menyusun penalaran bagaimana cara memecahkan permasalahan.
  2. Mengembangkan peralatan yang membantu pelaksanaan pemecahan permasalahan.

 

 

 

Pengembangan TEKNOLOGI tidak hanya didukung oleh pengetahuan, tetapi yang lebih penting harus didukung oleh CARA BERFIKIR yang berorientasi kepada ilmu.

 

Disfungsional ilmu:

  1. Tidak mengetahui fungsi ilmu yang sebenarnya    PENDIDIKAN
  2. Adanya cara-cara dan pengetahuan lain yang kebenarannya lebih dapat dipercaya                       

    BUDAYA     

 

   

IManusia yang BERILMU adalah manusia yang mengetahui KELEBIHAN dan KEKURANGAN ilmu dan menerima apa adanya dan mencintainya dengan bijaksana.

 

 

KEBAHAGIAAN MANUSIA:

  1. ILMU
  2. AGAMA dan
  3. SENI

 

 

 

SARANA BERFIKIR ILMIAH
MATEMATIKA
LOGIKA
STATISTIKA
BAHASA

 

  • Sarana Berfikir Ilmiah adalah alat bagi metode ilmiah dalam melakukan fungsinya secara baik.

ILMU DAN SARANA BERFIKIR ILMIAH

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s