Gorilla Menjadi Sumber Penyebab HIV ?

 Team ilmuwan internasional menerbitkan penelitian tentang dua dari strain virus penyebab AIDS datang dari Gorilla yang berasal dari barat daya Cameroon.
Penelitian ini membuka jelas asal dari semua strain virus HIV yang menjadi manusia.
HIV sendiri memiliki empat strain, yaitu kelompok M, N, O, dan P, masing masing memiliki asalh masing masing dalam penyebarannya dari primata ke manusia.

Apa yang menarik ?

kelompok M dan N diketahui dimiliki oleh simpanse di Cameroon, tetapi sampai sekarang kelompok O dan P masih belum diketahui.

Penelitian yang dikepalai Martin Peeters, Virology dari Reset dan Development Institute di perancis dan kampus Montpellier menyebutkan, HIV jenis kelompok M merupakan HIV yang paling banyak menyerang manusia, sekitar 40 juta manusia di seluruh dunia.

HIV jenis kelompok P hanya terdeteksi di dua orang sejauh ini, dan kelompok O ditemukan di Afrika tengah dan menginfeksi 100,000 orang.

terobosan terbaru terjadi berkat genetic sampling yang dilakukan dari simpanse dan gorilla dari Cameroon, Gabon, Uganda, dan Kongo.

Peeters mengatakan “dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa baik simpanse dan gorilla menjadi sumber dari virus HIV yang dapat menular pada manusia, dan berpotensi dapat menyebar luas”.

sejak 1981. lebih dari 78 juta orang telah terinfeksi HIV, yang merusak immune system, dan menyebabkan induk yang terjangkit mudah terserang penyakit dan PBB mengestimasi sekitar 13 juta orang telah meninggal.

“mengetahui penyebab dari sebuah virus menjadi sangat penting untuk mengurangi risiko penyebaran virus di masa depan, dan sebagai langkah awal untuk untuk menghentikan penyebaran HIV untuk selamanya”
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s